KAJIAN FEMINISME DALAM NOVEL KIM JI YEONG BORN 1982 KARYA CHO NAM-JOO DAN RELEVANSINYA UNTUK PEMBELAJARAN BERBASIS TEKS DI SMA/SMK

Main Article Content

N.M.E. Juniartini
I.N. Martha
I.W. Artika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguraikan dan menganalisis peristiwa-periatiwa diskriminasi yang terdapat dalam novel Kim Ji Yeong Born 1982 Karya Cho Nam-Joo, (2) menguraikan dan menganalisis posisi tokoh perempuan yang tedapat dalam novel Kim Ji Yeong Born 1982 Karya Cho Nam-Joo dan (3) menguraikan dan menganalisis ragam teks terdapat dalam novel Kim Ji Yeong Born 1982 yang dapat menunjang pembelajaran sastra di SMA/SMK. Penelitian ini meggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian berupa novel dan data yang dihasilkan berupa teks yang berkaitan dengan feminisme. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kepustakaan dan metode dokumentsi berupa teks dengan teknik catat dan simak. Metode analisis data yang digunakan terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan/verifikasi. Berdasarkan analisis data hasil penelitian ini menghasilkan tiga temuan (1) peristiwa-peritiwa diskriminasi yang terdapat dalam novel Kim Ji Yeong Born 1982 menekannya adanya tindakan feminisme dalam lingkungan keluarga, dalam lingkungan sekolah dan lingkungan kerja, (2) posisi perempuan dalam novel Kim Ji Yeong yaitu Oh Min Sook dan Kim Ji Yeong sendiri melibatkan permasalahan psikis, permasalahan fisik, permasalahan non verbal maupun permasalahan verbal, (3) ragam teks yang terdapat dalam novel Kim Ji Yeong Born 1982 sebagai pembelajaran berbasis teks di SMA/SMK berupa teks faktual (teks deskriptif dan teks prosedur), teks tanggapan (teks eksplanasi), dan teks cerita (teks cerita ulang, teks anekdot, dan teks naratif).

Article Details

Section
Articles

References

Bogdan, R. C. dan B. K. S. (1982). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. (2003). Qualitative Research of Education An Introductive to Theories and Methods (4th ed.). Boston Allyn and Bacon. - References - Scientific Research Publishing (scirp.org)

Gracia, C., Mingkid, E., & Harilama, S. H. (2020). Analisis Semiotika Diskriminasi Gender dan Budaya Patriarki Pada Film Kim Ji-young, Born 1982. Acta Diurna Komunikasi, 2(4). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/30697

I Made Suarta, K. A. D. (2014). Teori Sastra. PT. Raja Grafindo Persada.

Mitchell, C. E. (2003). Trophic control of grassland production and biomass by pathogens. Department of Ecology, Evolution, and Behavior. Mitchell 2003.pdf (unc.edu)

Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi. Remaja Rosdakarya.

Mustika. (2016). Diskriminasi Terhadap Beberapa Perempuan Dalam Perspektif Feminisme Multikutural: Kajian Terhadap Novel Scappa Per Amore Karya Dini Fitria Mustika. Jurnal Poetika, IV(1), 33–41. https://journal.ugm.ac.id/poetika/article/view/13313/9530

Ratna, N. K. (2011). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra: dari Strukturalisme hingga Post-Srtukturalisme Perspektif Wacana Naratif. Pustaka Pelajar.

Salden. (1986). in her book Virginia Woolf, A Room of One’s Own. Australia. Teori Feminisme dalam Penelitian Sastra - Kompasiana.com

Satriyani, L. D., Suyitno, S., & Ulya, C. (2018). Feminisme Novel Kenanga Karya Oka Rusmini: Kajian Kerelevansian Dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(1), 168. https://doi.org/10.20961/basastra.v6i1.37712

Sugiantomas, A. (2014). Analisis Tokoh Perempuan Dalam Novel Karya Paramoedya Ananta Toer. 2500. file:///C:/Users/user/Downloads/185-357-1-PB.pdf

Tresnayani, N. P. P. (2021). Kajian Feminisme Terhadap Novel Tiga Venus Karya Clara Ng Dan Relevansinya Sebagai Bahan Pembelajaran Sastra Di SMA/SMK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 10(1), 139–150. https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/236/280

Tripungkasingtyas, S. Y., Wardani, N. E., & Sumarlam, D. (2016). Perjuangan Kesetaraan Gender, Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Kenanga Karya Oka Rusmini Dan Relevansinya Dalam Pembelajaran Sastra Di Perguruan Tinggi. Jurnal S2 Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(1), 80–90. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2indo